Senin, 02 Januari 2017

Agama


          Agama adalah prinsip yang harus dipegang kuat oleh setiap umat manusia, karena dengan beragama, kita semua bisa lebih dekat dengan Tuhan. Dengan beragama, kita menjadi lebih tahu apa saja hak serta kewajiban kita. di Indonesia juga tumbuh dan berkembang keyakinan lain yang disebut dengan kepercayaan tradisional.

          Di Indonesia, ada berbagai macam kepercayaan, namun yang di akui hanya lima, antara lain:

Ø Islam

Agama Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke-15 . Agama Islam adalah salah satu di antaranya dibawa ke Indonesia oleh pedagang India dan Arab. Jumlah pemeluk agama Islam di seluruh Indonesia sekitar 88% dari penduduk Indonesia.
Hukum-hukum Allah yang ada di dalam Al Quran dan As Sunnah, dan dia merupakan jalan yang lurus, untuk keselamatan dunia dan akhirat.
1.   Nama kitab suci Agama Islam : Al-Qur’an.
2.   Nama pembawa Ajarannya : Nabi Muhammad SAW
3.   Nama tempat peribadatan : Masjid.
Hari besar keagamaan : Muharram, Asyura, Maulud Nabi, Isra’ Mi’raj, Nuzulul Qur’an, Idul Fitri, Idul Adha, dan Tahun Baru Hijriah.

Ø Kristen

Agama kristen ini meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa. Kata Katolik sebenarnya bermakna universal atau keseluruhan atau umum (dari ajektiva Bahasa Yunani (katholikos) yang menggambarkan sifat gereja yang didirikan oleh Yesus Kristus.
1.   Nama kitab suci Kristen Protestan dan Katolik : Injil.
2.   Nama pembawa Ajaranya : Isa / Yesus Kristus.
3.   Nama tempat peribadatan : Gereja.
Hari besar keagamaan : Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Isa Almasih, dan Pantekosta.






Ø Hindu

Agama Hindu Adalah agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga kini, Hindu adalah sebuah agama yang berasal dari anak benua India. Agama ini diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM sampai 1300 SM.
1.   Nama kitab suci Hindu : Weda
2.   Permulaan : Masaprasejarah.
3.   Nama tempat peribadatan : Pura.
Hari besar keagamaan : Nyepi, Saraswati, Pagerwesi, Galungan, dan Kuningan.


Ø Buddha
Buddha dalam Bahasa Sansekerta adalah : Mereka yang Sadar, Yang mencapai pencerahan sejati. Penganut Buddha tidak menganggap Siddharta Gautama sebagai sang hyang Buddha pertama atau terakhir.
1.   Nama kitab suci Buddha : Tri Pitaka.
2.   Nama pembawa Ajarannya : Sidharta Gautama.
3.   Nama tempat peribadatan : Vihara.
Hari besar keagamaan : Waisak dan Katina.

Ø   Kong Hu Cu

Kong Hu Cu atau Konfusius, adalah seorang guru atau orang bijak yang terkenal dan juga filsuf sosial Tiongkok. Filsafahnya mementingkan moralitas pribadi dan pemerintahan, dan menjadi populer karena asasnya yang kuat pada sifat-sifat tradisional Tionghoa. Oleh para pemeluk agama Kong Hu Cu, ia diakui sebagai nabi.
1.   Nama Kitab suci Kong Hu Cu : –
2.   Nama Pembawa Ajarannya : Kong Hu Cu
3.   Nama Tempat Ibadahnya : Klenteng/Vihara
4.   Hari besar Keagamaannya : Sembayang kepada arwah leluhur, Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh, Twan Yang, Hari Tangcik / Sembayang Ronde.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar