Senin, 02 Januari 2017

Sosialisasi


Pengertian dan tujuan sosialisasi:
            Secara garis besar, pengertian sosialisasi adalah suatu proses belajar mengajar. Melalui proses bersosialisasi, individu akan belajar menjadi anggota masyarakat. Dimana prosesnya tidak semata-mata mengajarkan pola-pola perilaku social kepada individu, tetapi juga individu tersebut mengembangkan dirinya atau melakukan proses pendewasaan dirinya.

Pengertian sosialisasi menurut beberapa ahli:
1.      Charlotte Buchler:
Proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri bagaimana caranya hidup dan berfikir kelompoknya agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.
2.      Peter Berger:
Merupakan sebuah proses seorang anak menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.
3.      Bruce J. Cohen:
Proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat (ways of life in society), untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya sehingga dapat berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota sesuatu kelompok.
4.      Robert M.Z. Lawang:
Proses mempelajari norma, nilai, peran dan semua persyaratan lain nya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan social
5.      Soerjono Soekamto:
Proses dimana anggota masyarakat yang baru mempelajari norma-norma dan nilai-nilai masyarakat dimana ia menjadi anggota

Berdasarkan pengertian sosialisasi diatas, dapat disimpulkan bahwa sosialisasi merupakan proses dimana sesorang mempelajari pola-pola hidup dalam masyarakat sesuai dengan nilai-nilai norma dan kebiasaan yang berlaku untuk berkembang sebagai anggota masyarakat dan sebagai individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar